Mitos Dan Pengalaman Estetis dari lagu Febry Putri - Halu



            Halu adalah singkatan dari kata halusinasi, artinya kondisi yang menyebabkan seseorang menganggap nyata sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Halu dalam hal umum menceritakan tentang seseorang yang berhalusinasi dengan perasaannya sendiri, ia menciptakan ruangnya sendiri yaitu ruang imaji, di mana ia bisa bersuara bahkan berteriak sekalipun. Menciptakan, mengucap, dan berlaku seperti rindu yang mengikat pada yang tak terikat.

            Tapi pada khalayak lain, menyimpulkan lagu ini adalah sekedar lagu cinta buta, bukan cinta murni yang merindukan keberadaannya dari dekat ataupun jauh, bahkan dari bayang-bayang indah yang candu. faktanya, dalam video klip menyajikan suatu keadaan, di mana salah satu orang tua pengidap penyakit skizofrenia. lagu ini dijadikan semacam "cara" untuk menarik perhatian dan simpati kita kepada mereka-mereka yang mengidap penyakit skizofrenia di Indonesia.  penarikan ini yang disebut dengan cinta murni, bukan cinta buta yang saat ini kita alami, sebab cinta adalah penyakit.


            Dalam lagu ini mengingatkan saya kepada salah satu kakek buyut saya yang mengalami kerinduan cinta murni yang sangat dalam kepada istrinya yang pergi lebih dulu, bahkan setiap dia mengalami hal tersebut dia seperti kita anggap tidak waras dan kehilangan akal. Tapi, acapkali kita tidak perna sadar, bahwa kita juga seperti itu jika sudah masuk dalam dunia halusinasi. dalam setiap momentum dan kejadian, kita adalah orang-orang yang berperan dalam gangguan persepsi di kehidupan, dan kita juga pelaku yang mempresentasikan halusinasi sebagai kenangan yang isinyapun bisa berubah seperti karangan dan angan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS NILAI FILOSOFIS SONGKET JINENGDALEM BULELENG

Semiotika Ferdinand De Saussure